33 Makanan Penambah Darah Paling Ampuh yang perlu anda ketahui

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
33 Makanan Penambah Darah Paling Ampuh yang perlu anda ketahui  - Apakah akhir-akhir ini tidak jarang lelah dan lemas? Mungkin anda mengalami tidak cukup darah. Maka dari itu, mengonsumsi makanan penambah darah yang kaya zat besi menjadi penyelesaian terbaik guna mengatasinya.

Penurunan sel darah merah dalam tubuh lazimnya dapat diakibatkan karena kelemahan zat besi. Kekurangan zat besi ini menyebabkan tubuh tidak dapat memproduksi hemoglobin, yaitu substansi dalam sel darah merah yang berperan membawa oksigen keseluruh jaringan tubuh. Oleh karenanya, kelemahan zat besi dapat mengakibatkan tubuh merasa lemas dan lelah.


Tidak melulu zat besi saja, anemia atau tidak cukup darah juga juga dapat disebabkan sebab tubuh tidak menemukan asupan vitamin vitamin B12, asam folat, dan protein yang cukup. Penuhi keperluan nutrisi tersebut supaya anemia yang anda alami dapat diatasi atau ditangkal kemunculannya kembali.

Sumber Zat Besi Penambah Darah

Sebenarnya dulu saya pernah membicarakan makanan sumber zat besi tinggi yang paling berkhasiat mengobati anemia. Terdapat dua jenis zat besi yang dapat diserap oleh tubuh kita, antara lain:

- Heme: berasal dari hemoglobin. Umumnya ada di dalam bahan makanan hewani laksana daging unggas, daging merah, dan ikan.

- Non Heme: ada dalam bahan makanan nabati. Misalnya laksana kentang, sayuran berdaun hijau, bayam, biji-bijian, buah kering, kismis, dan beda sebagainya.

Zat besi heme termasuk lebih gampang diserap oleh tubuh dikomparasikan dengan non-heme yang berasal dari nabati. Penyerapan pun akan semakin mudah andai konsumsi zat besi didukung dengan asupan vitamin C yang biasanya tidak sedikit ada pada buah dan sayuran segar.

Makanan Penambah Darah guna Atasi Anemia

Agar anemia dapat terselesaikan usahakan anda memperbanyak konsumsi makanan penambah darah yang kaya zat besi. Sebetulnya ada tidak sedikit sekali makanan guna tambah darah yang dapat kita dapatkan. Mulai dari buah-buahan, sayuran, daging, hingga kacang-kacangan.

Buah-Buahan Penambah Darah Kaya Nutrisi

Pertama, kamu dapat mengonsumsi buah penambah darah. Buah-buahan ini tidak melulu diperkaya zat besi saja, tapi pun kandungan nutrisi lainnya. Misalnya laksana vitamin B, C, antioksidan, serat, dan sebagainya.

1. Jambu biji

Jambu biji dikenal sebagai buah yang kaya kandungan sumber vitamin C. Kandungan vitamin dalam buah jambu ini bahkan mengungguli vitamin C dalam buah jeruk.

Dengan mengonsumsi jambu biji secara teratur maka bakal sangat menolong tubuh dalam menyerap zat besi. Di samping itu, guna jambu lainnya ialah mampu mengasuh kulit dan menjaganya supaya tetap kencang.

2. Jeruk

Apabila tidak terdapat jambu biji, anda masih dapat mengonsumsi jeruk. Meskipun kandungan vitamin C-nya masih kalah dengan jambu, namun buah jeruk mempunyai senyawa antioksidan alami yang lebih tinggi.

Manfaat jeruk untuk sistem imunitas tubuh sangatlah besar. Kandungan antioksidan dalam buah ini konon bisa menangkal sekian banyak  jenis radikal bebas yang akan merangsang munculnya penyakit berbahaya.

3. Tomat

Tomat berisi sejumlah vitamin urgen untuk tubuh, yakni vitamin A, C, dan E. Kandungan-kandungan nutrisi dalam tomat diandalkan  dapat melancarkan sirkulasi darah dan menanggulangi anemia.

Note: untuk mengetahui lebih dalam tentang khasiat buah satu ini silahkan baca guna tomat untuk kesehatan.

4. Mangga

Dalam buah mangga ternyata terdapat 60 mg vitamin C. Jumlah ini dapat mencukupi keperluan vitamin pada orang dewasa. Mengonsumsi buah mangga 1x sehari dapat menolong mencegah anemia.

Di samping itu, kandungan serat dan antioksidan tingginya pun efektif untuk mengawal kekebalan tubuh. Agar tak bosan, kamu dapat membuat jus dari buah satu ini.

5. Apel

Apel pun termasuk di antara makanan penambah darah. Ia mempunyai kandungan zat besi dan vitamin C tinggi yang dapat membantu menambah jumlah hemoglobin dalam tubuh kita.

Manfaat apel tidak melulu mengatasi anemia saja. Tetapi, kandungan seratnya yang tinggi juga lumayan efektif untuk menolong mengatasi sekian banyak  macam masalah pencernaan, contohnya seperti diare dan sembelit.

6. Buah pepaya

Dulu saya pernah mambahas mengenai guna pepaya guna kesehatan dan kecantikan. Salah satu guna penting dari buah ini ialah mampu menambah jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Pepaya dapat memberikan asupan vitamin C, zat besi, dan asam folat (vitamin B9). Kandungan-kandungan nutrisi semacam berikut yang diperlukan oleh tubuh dalam membantuk hemoglobin.

7. Stroberi

Apakah anda suka dengan stroberi? Konsumsilah buah ini secara rutin guna mengatasi tidak cukup darah. Strawberry menyerahkan asupan zat besi, vitamin C, dan antioksidan terbaik guna tubuh kita.

Meski rasanya agak tidak banyak masam, namun buah berwarna merah ini tidak sedikit disukai oleh masyarakat Indonesia. Agar rasanya lebih nikmat, kamu dapat mengolah stoberi menjadi minuman segar laksana jus, smooties, dsb.

8. Buah naga

Mendengar namanya saja barangkali sudah terasa ngeri. Yup, pemberian nama buah ini didasarkan sebab kepercayaan bangsa China yang memandang Naga sebagai pembawa berkah.

Ada tidak sedikit sekali guna buah naga yang dapat kita dapatkan. Mulai dari menangkal anemia, menanggulangi hipertensi, menurunkan kolesterol, dan masih tidak sedikit lagi. Oleh karena itu, tidak boleh lewatkan buah menarik satu ini ya.

9. Pisang

Pisang lumayan terkenal dengan kandungan potasiumnya yang tinggi. Berdasarkan keterangan dari para ahli, kandungan tersebut dapat menjadi antioksidan yang dapat memelihara sistem imun tubuh dari serangan radikal bebas.

Setelah dianalisis lebih dalam, ternyata pisang pun berisi zat besi yang dapat menambah produksi hemoglobin dalam tubuh. Konsumsilah paling tidak 1 buah pisang dalam sehari guna mendapatkan guna secara maksimal.

Buah penambah darah lainnya:

10. Kesemek
11. Sowa
12. Sukun
13. Delima
14. Kiwi
15. Anggur
16. Alpukat (baca selengkapnya: guna alpukat)
17. Sirsak (selengkapnya: guna buah sirsak)
18. Blewah
19. Cherry
20. Jeruk Mandarin
21. Labu
22. Kismis

Sayuran Penambah Darah Rendah Terbaik

Umumnya sayuran yang berisi zat besi tinggi berwarna hijau gelap, contohnya laksana bayam, sawi, dsb. Berikut sejumlah makanan penambah darah dari sayuran yang dapat kamu konsumsi berkala.

23. Bayam

Bisa disebutkan bayam tergolong sayuran penambah darah dengan kandungan zat besi tinggi. Bayam dapat menjadi makanan penambah darah guna ibu hamil dan perempuan yang merasakan anemia ketika menstruasi.

Biasanya bayam diubah menjadi sup segar. Akan tetapi, pastikan anda tidak mengonsumsi olahan sayur bayam yang telah didiamkan sekitar 5 jam. Kenapa? Sebab berpotensi menjadi racun dampak sudah berinteraksi dengan oksigen.

24. Sawi

Sayur hijau kaya zat besi selanjutnya terdapat sawi. Sebenarnya sawi terdapat dua jenis, yakni sawi hijau dan putih. Akan namun menurut keterangan dari Dr Oz, sawi hijau berisi zat besi yang lebih tinggi dibanding sawi putih.

Dalam sawi tidak melulu terkandung zat besi dan vitamin saja, namun ia pun mempunyai kandungan mineral lengkap. Sebut saja laksana kalium, potasium, fosfor, selenium, magnesium, dan masih tidak sedikit lagi.

25. Kangkung

Banyak orang yang memandang kangkung dapat membuat tubuh lemas dan lelah, sebenarnya faktanya demikian. Justru kangkung mempunyai kandungan zat besi tinggi yang dapat menanggulangi lemas dampak anemia.

Maka dari itu, mulai sekarang tidak boleh ragukan sayur hijau satu ini. Biasanya kangkung diubah menjadi sekian banyak  hidangan lezat. Salah satu olahan kangkung yang lumayan diminati ialah tumis kangkung.

26. Daun datuk

Masih seputar sayuran hijau, berikutnya terdapat daun datuk. Sayuran ini memiliki pelbagai kandungan mineral alami dan zat besi. Beberapa kandungan mineral alami laksana fosfor dan kalsium diandalkan  sangat baik guna mengoptimalkan perkembangan tulang.

27. Bunga kol (kembang kol)

Sayuran berwarna putih kehijauan ini sangat gampang didapatkan. Biasanya bunga kol dijadikan sebagai lalapan saat santap ikan atau olahan daging. Kandungan gizi dalam bunga kol setara dengan kandungan brokoli, dimana ia paling baik guna mengoptimalkan regenerasi sel darah merah.

Ada pun kandungan beda yang tak kalah urgen seperti protein, kalium, kalsium, niasin, dan thiamine. Kandungan nutrisi semacam berikut yang menciptakan kembang/bunga kol lumayan disarankan untuk penderita anemia.

Makanan Penambah Darah Dari Kacang-Kacangan

Apakah anda suka ngemil?  Mulai kini ganti cemilan anda dengan kacang-kacangan. Jenis makanan ini mempunyai kandungan asam folat dan zat besi yang lumayan baik untuk meningkatkan sel darah merah. Adapun makanan penambah darah dari kacang-kacangan antara lain:

28. Kacang hijau

Beberapa berpengalaman masih dilema mengenai guna kacang hijau guna anemia. Ada yang menuliskan kacang hijau mempunyai kandungan asam folat dan zat besi tinggi yang dapat menambah hemoglobin dalam tubuh.

Tetapi, terdapat pula berpengalaman yang menuliskan kandungan fitat dalam kacang hijau malah dapat menghambat penyerapan zat besi. Maka dari itu, sebelum mengonsumsi kacang hijau terdapat baiknya konsultasikan kepada berpengalaman gizi dulu.

29. Kacang almond

Kacang almond paling sering dikonsumsi ketika diet. Berbeda dengan kacang lain, kacang ini mempunyai jumlah nutrisi yang lebih lengkap. Di dalamnya terdapat vitamin, lemak baik, serat, antioksidan, mineral alami, dan beda sebagainya.

Untuk mencukupi keperluan zat besi masing-masing harinya dianjurkan mengonsumsi paling tidak satu ons kacang almond. Kamu pun dapat berkreasi dengan mengubah almond menjadi sekian banyak  cemilan lezat.

30. Kacang polong kering

Meski kandungan nutrisinya tidak selengkap almond dan kacang hijau, namun kacang polong telah terbukti ampuh untuk meningkatkan darah. Tak terdapat salahnya ngemil kacang polong kering di masa-masa bersantai ria. Namun tidak boleh berlebihan, karena konsumsi kacang berlebihan tidak cukup baik guna berat badan.

Makanan Penambah Darah dari Laut (Seafood)

Tidak melulu buah, sayur, dan kacang-kacangan saja yang kaya bakal kandungan zat besi. Bagi anda pecinta makanan laut, sejumlah makanan inilah mungkin dapat menjadi penyelesaian penambah darah.

31. Ikan salmon

Sudah tentu ikan salmon masuk kedalam susunan makanan penambah darah. Ia menjadi pemasok vitamin B12 terbaik yang sangat diperlukan oleh penderita anemia. Peran urgen vitamin B12 lainnya ialah mengoptimalkan pembelahan sel dan mengawal sistem saraf ketika proses pembentukan DNA.

32. Tiram dan kerang

Banyak yang tidak suka tiram dan kerang lantaran bau amisnya. Namun bilamana kamu jago memasak, bau amis itu akan hilang dengan sendirinya. Mengonsumsi tiram ataupun kerang dapat menolong menambah darah dalam tubuh, menangkal hipertensi, dan melancarkan sirkulasi darah.

33. Udang

Udang masih menjadi makanan laut yang pro dan kontra. Sebagian orang terdapat yang alergi mengonsumsi udang, dan beberapa lagi tidak sama sekali. Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi udang lebih baik pastikan dulu apakah anda alergi atau tidak.

Tidak melulu diperkaya dengan zat besi saja, udang pun berisi kalsium dan fosfor tinggi yang baik guna mengoptimalkan pembentukan tulang. Kandungan nutrisi semacam berikut yang baik guna tubuh kita.

Makanan Penambah Darah Rendah dari Daging

Ketika mengalami tidak cukup darah pasti tidak sedikit yang menganjurkan kita guna mengonsumsi sate. Memang benar sekali, daging dalam sate mempunyai kandungan zat besi, protein, dan sekian banyak  mineral alami yang dapat menambah darah. Khususnya guna sate yang berasal dari daging merah laksana daging kambing, sapi, kerbau, babi, dan masih tidak sedikit lagi.

World Cancer Research Fun menyarankan supaya kita mengonsumsi daging merah tidak lebih dari 70 gram dalam sehari. Meski berisi sekian banyak  nutrisi, namun kandungan lemak tinggi dalam daging merah diandalkan  menjadi pemicu munculnya pelbagai penyakit andai dikonsumsi berlebihan.

Untuk lebih amannya lagi, kamu dapat mengonsumsi daging sapi yang berasal dari grass-fed cattle. Sebab kandungan lemak jenuhnya lebih rendah, sementara kandungan CLA (conjugated linoleic acid) tinggi. CLA sendiri adalahsenyawa yang bermanfaat untuk meminimalisir resiko penyakit kardiovaskuler dan menolong mengoptimalkan pembentukan otot.

Itulah ulasan menyeluruh mengenai makanan penambah darah rendah yang dapat kamu konsumsi secara berkala. Disarankan guna tidak mengonsumsi seluruh makanan diatas sekaligus. Variasikanlah masing-masing harinya dengan porsi yang seimbang, tidak tidak cukup ataupun berlebihan. Konsumsi makanan penambah darah secara berlebihan malah akan menciptakan munculnya penyakit baru.

Apabila terdapat yang belum jelas mengenai tulisan diatas, langsung saja sampaikan melewati kolom komentar di bawah. Jangan tak sempat share tulisan diatas andai sekiranya bermanfaat untuk kamu. Selamat mencoba!
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

1 Response to "33 Makanan Penambah Darah Paling Ampuh yang perlu anda ketahui "

  1. Ternyata banyak sekali buah untuk penambah darah apalagi setelah membaca blogger ini yang berjudul
    buah penambah darah semoga bermanfaat dan menambah ilmu buat saya di tunggu artikel selanjutnya

    ReplyDelete